Blog Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNP Manajemen Tukang Cukur - HMJ Biologi UNP
Headlines News :
Home » , , » Manajemen Tukang Cukur

Manajemen Tukang Cukur

Pernah melihat tukang cukur? Bukan yang di salon atau barber shop tapi tukang cukur yang biasanya membuka jasanya dipinggir jalan. Miungkin sebagian cowok familiar ya dengan keberadaan tukang cukur pinggir jalan ini. Jujur saja, saya juga salah satu pengguna jasa ini dari SD sampai SMA. Saat kuliah sampai sekarang saya lebih sering ke salon. Hehehe..

No no no, i won’t talk about my experience of being cut by a barber. Saya tergerak bikin tulisan “Manajemen Tukang Cukur” setelah beberapa waktu lalu dosen saya bercerita tentang bagaimana mereka bekerja. Walaupun terkesan simpel but it realy does.

Yang pertama. Tukang cukur pinggir jalan menyapa langsung pelanggannya. Tidak ada resepsionis seperti di salon-salon yang menanyakan apa yang kita inginkan atau menyilakan kita duduk. Tukung cukur langsung menyilakan pelanggannya menunggu jika saat itu ada beberapa orang datang.

Kedua. Tukang cukur mengerjakan tugasnya sendiri memangkas rambut pelanggannya. Hampir tidak pernah dijumpai ada dua orang yang memangkas rambut seorang saja. Dia menanyakan sendiri mau model macam apa kemudian mengerjakan sendirian.

Ketiga. Setelah selesai mencukur rambut. Yang kita lakukan adalah membayar jasanya kan. Coba ingat-ingat siapa yang menerima uang kita? Tukang cukur itu lagi ya? Yang ngasih kembalian kalau uang kita lebih? Dia juga kan. Wah, fungsi kasir pun juga dilakukan oleh seorang tukang cukur pinggir jalan.

Keempat. Tempat cukur tentunya menjadi tempat yang cukup kotor karena rambut berserakan dimana-mana. Lagi-lagi di sini dia membersihkan ruangan kerjanya sendiri. Menyapu rambut hasil pangkasan untuk dibuang.

Dari empat  hal tadi kita bisa menarik kesimpulan bahwa seorang tukang cukur benar-benar bekerja sendiri tanpa bantuan orang lain. Tidak terbayang di era modern seperti sekarang ini masih ada hal-hal yang bisa dilakukan sendiri.

Nah inilah yang tidak bisa kita contoh dari seorang tukang cukur. Kita bisa saja mencontoh kegigihannya dalam bekerja namun dalam pekerjaanya tidak ada unsur organisasi yang memungkinkan orang lain untuk membantunya. Jika organisasi didefinisikan sebagai sekumpulan orang yang mempunyai visi sama dan bekerja bersama-sama. Maka saat berorganisasi atau menjadi bagian dari sebuah organisasi, janganlah bekerja sendiri. Kemampuan team work akan lebih efketif dan efisien untuk menyelesaikan masalah-masalah .

Sumber:

Dipublikasikan Oleh :

Terimakasih telah membaca artikel tentang Manajemen Tukang Cukur Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Jadwal Pelayanan Akademik UNP

Jadwal Pelayanan Akademik UNP
Klik Untuk Info Lengkapnya

Fanspage Resmi Lomba Biologi 2014

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By My Blog and Blogger Tutorials

Created by: twitter website widget

Terjemahkan

Profil UNP



 
Support : bio-unp | bio-unp | Biologi UNP
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. HMJ Biologi UNP - All Rights Reserved
Template Design by Bio UNP Published by bio-unp