Blog Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNP Pernahkah Anda Berada Di Titik Nol - HMJ Biologi UNP
Headlines News :
Home » , , , , , » Pernahkah Anda Berada Di Titik Nol

Pernahkah Anda Berada Di Titik Nol

Beberapa kali saya harus mengusap air mata yang mengalir di pipi. Dari balik kamera handycam ini saya terus me-record kesaksian sahabatku di sebuah persekutuan doa di sebuah kantor di Karawaci ini. Kisah yang sama, hal-hal yang sama yang telah saya dengarkan sebenarnya sejak dua-tiga tahun terakhir ini saya mulai bersahabat dengannya.

Kisah tentang bagaimana sahabat saya itu benar-benar mengalami kondisi jatuh “terjerembab ke tanah saat sedang terbang tinggi dari langit.” Bagaimana saat di puncak karirnya yang telah meng-arsiteki berbagai pembangunan gedung perkantoran, mall dan banyak proyek lainnya, dan sedang liburan keluarga di San Fransisco, namun tiba-tiba saja harus mengalami stroke.

Stroke yang melumpuhkan hampir seluruh persendian tubuhnya. Stroke yang membuat sebagian otaknya terendam darah. Stroke yang membuat dirinya tak bisa menelan air putih sekalipun. Bicara pun tak bisa lagi.. betul-betul seperti bayi yang sama sekali tak bisa melakukan apa-apa. Vonis dokter saat itu adalah ia tak mungkin bisa sembuh/pulih kembali.


Memang ada karakter tentang sahabat saya itu yaitu keras kepala.. atau nekat kali ya..sehingga ia tak pernah peduli bagaimana kondisinya yang betul-betul membuat drop hingga ke titik nol, ia tetap nekat ingin sembuh.. ingin pulih, dan nekatnya lagi ia tetap ingin bisa bekerja kembali, itu targetnya.
Sungguh sebuah keinginan yang gila, menurut saya jika dalam kondisi seterpuruk itu memiliki keinginan yang berbanding terbalik, 180 derajat berbeda dengan realitanya.

Saya pernah bertanya, “Kok bisa nekat memiliki keinginan untuk bekerja kembali, padahal kondisi saat itu secara logika sangat tidak memungkinkan?”

Sahabatku itu menjawab, “Kalau aku tidak bekerja, bagaimana harus menafkahi anak-anakku kelak, sementara aku seorang single mother…”

Dan itulah tekad terkuatnya, yaitu cintanya kepada anak-anak dan keluarganya yang mau tidak mau membuatnya harus terus berkarya. Terus memberikan kontribusi kepada orang di sekitarnya dan banyak orang yang membutuhkan keahliannya di bidang arsitektur.

Mimpinya tak pernah salah…. Sedikit demi sedikit, ia mulai belajar bagaimana menelan makanan, dimulai dari bagaimana menelan es krim yang meski masih selalu belepotan sampai akhirnya mulai kembali belajar mengucapkan kata-kata.. dari mulai kata-kata pendek seperti bat, cat, dst. Lalu siapa sangka, dari tidak bisa membaca kembali, kini ia telah menerbitkan dua buah buku! Gila.., dia menjadi penulis buku..!

Mimpi itu tak ada yang salah.. semenjak ia mulai kembali belajar bagaimana bicara dan belajar membaca, jalannya terbuka untuk bekerja kembali pada perusahaan sebelumnya tempat ia bekerja. Meski kini pekerjaannya hanya di belakang meja, berbeda dengan pekerjaan sebelumnya yang membuat ia harus ada di lapangan, di lokasi proyek, namun itu menjadi titik balik dirinya mencapai banyak hal yang sebelumnya tak mungkin.

Menulis… meski ia menulis dengan mengandalkan satu tangan, yaitu tangan kirinya saja karena bagian kanan dari tubuhnya lumpuh. Dan menulis awalnya hanya sebagai terapi penyembuhan saja untuknya. Dengan menulis ia mulai berani menuangkan berbagai ekspresinya, pengalamannya, pengalaman apapun, sesepele apapun itu, dan juga berbagai pemikirannya di bidang yang ia kuasai yaitu arsitektur dan planologi perkotaan.

Hingga berbagai hoby-nya pun ia kisahkan dalam blog-nya. Dan suatu saat tulisannya tentang hobynya di bidang philateli - perangko, membuat ia akhirnya memamerkan koleksi-koleksinya di Museum Pos TMII dan berbagai tempat lainnya. Dan siapa nyana ternyata koleksi-koleksi surat dan perangkonya tersebut bernilai puluhan bahkan ratusan juta rupiah sehelainya. Wajar saja karena koleksi tersebut berasal dari berbagai negara dan tokoh-tokoh international yang pernah membalas kiriman surat-suratnya sewaktu ia kecil.

Kini berbagai penghargaan baik itu dalam bidang penulisan, hoby filateli, maupun sebagai sosok inspiratif yang memberikan motivasi-motivasi hidup, dari berbagai pihak telah diraihnya. Aktif dalam kegiatan dan gagasan akan penggunaan internet sehat dan pendukung komunitas para penyandang cacat Indonesia, dan sokongannya yang besar untuk yayasan stroke, yang ia berikan dari sebagian hasil penjualan buku-bukunya.

“Biaya untuk pengobatan para penderita stroke itu sangat mahal sekali, bagaimana dengan mereka yang terbatas dananya untuk pulih… Karena itulah aku menyisihkan sebagian hasil penjualan bukuku untuk Yayasan Stroke Indonesia,” ujarnya.

Jika dibandingkan dengan awal pertama saya bertemu dengannya dua tahun yang lalu saat ia hanya mengandalkan kursi roda untuk berjalan, dan ia pun masih belum percaya diri untuk bisa tampil kembali di depan publik. Bicara pun sulit, untuk menyampaikan dan berbagi apa yang ada dalam kepalanya. Tapi kini, dengan lancarnya ia menghipnotis ratusan audiens yang hadir… Heran saya, belajar public speaking di mana ia bisa begitu lancar berbicara dan membuat para pendengar terpana, sesekali beberapa orang malah mengusap basah pipi mereka.

Ia pernah terbang tinggi ke angkasa.. mengalami turbulensi.. lantas jatuh terjerembab ke titik nol… Karena stroke yang melumpuhkan seluruh tubuhnya, sama sekali tidak bisa berbicara dan menulis. Namun keberanian dan ‘kenekatannya’ dalam menghadapi badai kehidupan bukan menjadikannya tak berdaya. Justru di titik nol itu ia bisa me-reformulasi ulang kehidupannya kembali.
Nol  hanyalah awalannya.. namun perbedaannya adalah pada “lompatan” selanjutnya.. itu yang menentukan…

Dipublikasikan Oleh :

Terimakasih telah membaca artikel tentang Pernahkah Anda Berada Di Titik Nol Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Jadwal Pelayanan Akademik UNP

Jadwal Pelayanan Akademik UNP
Klik Untuk Info Lengkapnya

Fanspage Resmi Lomba Biologi 2014

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By My Blog and Blogger Tutorials

Created by: twitter website widget

Terjemahkan

Profil UNP



 
Support : bio-unp | bio-unp | Biologi UNP
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. HMJ Biologi UNP - All Rights Reserved
Template Design by Bio UNP Published by bio-unp