Blog Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNP Pilih Jurusan: 5 Jalan Agar Bebas Dari Jurusan Galau - HMJ Biologi UNP
Headlines News :
Home » , , , , , , » Pilih Jurusan: 5 Jalan Agar Bebas Dari Jurusan Galau

Pilih Jurusan: 5 Jalan Agar Bebas Dari Jurusan Galau

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
YANG tadinya pakai seragam, kalau sudah kuliah bisa pakai baju bebas sesuka hati. Yang tadinya pelajarannya cuma IPA serta IPS dkk, kalau sudah kuliah pelajarannya jadi lebih berkembang bukan hanya sekadar IPA dkk dan IPS dkk.

Hal yang paling penting untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebenarnya bukan lah di mana kita akan belajar, bukan di mana perguruan tinggi yang akan kita pilih, tapi yang paling penting adalah "apa sih minat kita" "apa sih jurusan yang kita mau?" "apa sih yang cocok buat kita?".

Galau buat milih jurusan untuk perguruan tinggi adalah hal yang wajar. Karena di perguruan tinggi sangat berbeda dengan SMA. Perguruan tinggi mempunyai banyak sekali jurusan-jurusan asing nan menarik. Menarik dari segi manapun, dari segi prospek kerja, dari segi kurikulum, dan tentunya menarik dari segi minat.

Di sini ada beberapa tips untuk memilih jurusan di perguruan tinggi versi saya, let’s check!:

1. Jangan terpaksaBanyak kasus seseorang merasa "salah" masuk jurusan di perguruan tinggi. Apa faktornya? Salah satu faktornya adalah adanya paksaan dari orangtua.

Bukannya kita tahu sesuatu yang dipaksa ujungnya pasti tidak akan menjadi hasil yang maksimal? Jika orangtua kalian memaksa untuk masuk jurusan A tapi hati kalian sebenarnya di jurusan B, maka bicaralah baik-baik dengan orangtua kalian, yakinkan apa yang menjadi keraguan mereka.

2. Jangan ikut-ikutanNah, faktor ini juga harus dihindari. Karena alasan teman "se-geng" dan tidak mau pisah sama teman geng ujungnya jadi ikut-ikutan. Misalnya si B mau masuk jurusan manajemen, si C ikut-ikutan, begitupula si D alasannya biar ada barengannya, kalau sebenarnya enggak minat gimana coba? Jangan takut tidak punya teman nanti, pasti bakal ada teman baru kok dari Sabang sampai Marauke :)

3. Jangan menyerahAda yang sudah tahu mau masuk jurusan apa, ada yang sudah nyoba-nyoba try out tes masuk perguruan tinggi tapi hasilnya katanya belum berhasil masuk jurusan itu. Jangan menyerah berikhtiar lah selalu! Kalau kamu sudah yakin banget masuk jurusan yang telah kamu pilih maka perjuangkanlah, karena kalau ada keyakinan dan ada kemauan di situ lah ada letak kemudahan.

4. Alternatif dan RealistisDalam memilih jurusan tidak cukup kalau kita hanya terfokus pada satu jurusan saja. Maksudnya? Kita harus siapkan beberapa alternatif (cadangan) jurusan yang tentunya tetap menjadi minat kita. Gunanya untuk apa? Kita tahu kan seleksi perguruan tinggi itu ketat? Jadi kita harus siap untuk dua kemungkinan, terbaik dan terburuk.

Lalu realistis untuk apa? Banyak orang yang sebenarnya sudah tahu kemampuan mereka tapi tetap nekad memilih jurusan yang jauh di atas kemampuan mereka dengan alasan "siapa tahu ada keajaiban" no no no.. itu enggak ngefek saat tes masuk perguruan tinggi. Sesuaikanlah kemampuan kalian dengan minat kalian serta jurusan yang kalian pilih. Pasti ada kok jurusan yang kalian inginkan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kalian.

5. Pray and Fighting
"Usaha tanpa doa adalah kesombongan dan doa tanpa usaha adalah kesia-siaan". Seimbangkan lah antara usaha dan doa, siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. Keep believing!

Ardina Nur Rahma
Kesehatan Masyarakat
Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul 2012

Dipublikasikan Oleh :

Terimakasih telah membaca artikel tentang Pilih Jurusan: 5 Jalan Agar Bebas Dari Jurusan Galau Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Jadwal Pelayanan Akademik UNP

Jadwal Pelayanan Akademik UNP
Klik Untuk Info Lengkapnya

Fanspage Resmi Lomba Biologi 2014

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By My Blog and Blogger Tutorials

Created by: twitter website widget

Terjemahkan

Profil UNP



 
Support : bio-unp | bio-unp | Biologi UNP
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. HMJ Biologi UNP - All Rights Reserved
Template Design by Bio UNP Published by bio-unp