Blog Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNP Cerita Tentang Kita, Mahasiswa - HMJ Biologi UNP
Headlines News :
Home » , , , , » Cerita Tentang Kita, Mahasiswa

Cerita Tentang Kita, Mahasiswa

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Saat kau berjalan di pagi hari yang tenang, mereka yang berkemeja rapi telah benar-benar siap di setiap lokal, bersabar menunggu ilmu yang sebentar lagi akan mengetuk pintu dan membawa mereka lelah berpikir hingga akhir beban sks yang ada. Tapi, tak sepatah kata ‘berhenti’ yang mereka lontarkan, bahkan tak jenuh untuk datang pada pertemuan selanjutnya dengan tiket masuk setumpuk tugas yang harus diselesaikan tepat waktu. Mereka yang akan berjalan ke gedung bernama Perpustakaan untuk kembali mendapatkan jatah 24 sks yang hanya akan di peroleh melalui IPK yang menggembirakan jika ditanya berapa. Mereka adalah kita, yang akan terus berkata “Aku tidak apa-apa” saat waktu makan terlewati hanya karena tugas yang belum akan selesai dua sampai tiga hari kedepan. Ilmu bukan untuk mempersulit hidup kita bukan ?  ilmu itu sederhana, nikmatilah. Kita yang lupa, selama masih ada kesempatan untuk dapat berbagi dengan lingkungan, perbanyaklah tersenyum dengan sesama, berilah perhatian tanda bahwa kita akan sangat memerlukan mereka di masa depan. Luangkanlah waktu untuk bersahabat. Selama kita bisa, pedulilah.
            Kemudian berbeloklah ke jalur yang lain. Kau akan melihat mereka dengan wajah penuh kesan. Bertindak penuh kebijakan dan perhitungan, bergerak hanya jika ada rencana bersama. Mereka adalah para penggerak ORMAWA, lingkaran hitam pada mata mereka adalah tanda bahwa mereka telah terlalu larut pulang ke rumah karena tuntutan rapat berbagai acara, tanda bahwa proposal yang mereka rancang semalaman belum mendapat tanda tangan atasan, persetujuan yang masih mengambang. Mereka adalah pejuang aspirasi mahasiswa, sekelompok orang yang akan sangat frontal saat berdebat, berwawasan luas dan memiliki jaringan di segala bidang. Teman, mereka adalah kita. Kita yang sibuk. Terlalu sibuk bahkan hanya untuk menelpon orang tua di rumah karena deadline yang bahkan sudah di depan mata. Terlalu sibuk untuk mengerjakan beberapa lembar tugas kuliah yang sudah mengantri untuk di jamah. Kita yang mungkin telah lalai, melupakan kewajiban yang harusnya dipenuhi. Kewajiban pengabdian akademis, bentuk tanggung jawab terhadap mereka yang menunggu penuh harap saat kita memakai jubah hitam dan toga. Keadilan dalam bersikaplah yang paling terpenting. Kita yang bergelar akitivis tentu tidak akan pernah melalaikan kewajiban utama sebelum berkoar tentang lalainya seorang pejabat saat mengerjakan tugas negara.
            Lelah kah berjalan? Maka berhentilah pada tempat dimana kau akan melihat mereka yang penuh pesona dengan segala kegiatan menyenangkan. Mereka yang benar-benar berjiwa muda, hanyut dalam nostalgia masa remaja yang hampir akan berakhir satu atau dua tahun lagi. Mereka yang mencinta. Mereka adalah kita. Kita yang hanya sibuk berurusan dengan hal-hal runyam yang bahkan tidak baik untuk kesehatan. Pergaulan yang bahkan kita ikuti, benar-benar mengubah segala pandangan sederhana. Kita yang selalu berusaha tampil menarik, mempertahankan pujian sebagai mahasiswa terkeren. Bukan itu tujuan kita saat bertarung melawan ribuan orang untuk duduk di bangku universitas. Bukan itu tujuan predikat ‘mahasiswa’ disandangkan pada kita saat ditanya siapa. Kita yang terlalu idealis untuk terjerumus dalam pergaulan yang galau. Bersemangatlah untuk hal baru yang lebih menjanjikan masa depan, tinggalkanlah mereka yang hanya bisa menggalau. Kita terlalu canggih untuk urusan sepele yang bahkan terkadang menjerat langkah untuk bertindak. Jangan biarkan diri kita terjebak lebih dalam, negara berharap banyak pada kita.
            Sekeping cerita tentang kita yang akan menjadi pandangan untuk terus berbenah dan berbenah. Kita memang harus memilih dan menjadi yang terbaik bukan lah pilihan, itu adalah harga mutlak yang Tuhan berikan saat nama kita berada diantara deretan orang-orang pilihan yang berhasil melewati jalur paling riskan setelah masa putih abu-abu. Bersyukurlah. Mahasiswa adalah lentera harapan bangsa. Para pemimpin dan penggerak masa depan negara. Kita yang akan menggantikan bapak Presiden RI berpidato di depan delegasi asing, kita yang akan menggantikan para bapak dan ibu yang bergelar Profesor untuk menjadi perancang teknologi paling canggih, kita yang akan meramaikan dunia dengan semangat perubahan yang lebih baik dan kita yang akan menjadi tua dengan bahagia karena telah berhasil menemukan nama kita sendiri pada daftar tokoh yang paling berdedikasi. Bersemangatlah, dunia butuh campur tangan kita.  (bemfmipaunp.blogspot.com

Dipublikasikan Oleh :

Terimakasih telah membaca artikel tentang Cerita Tentang Kita, Mahasiswa Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Jadwal Pelayanan Akademik UNP

Jadwal Pelayanan Akademik UNP
Klik Untuk Info Lengkapnya

Fanspage Resmi Lomba Biologi 2014

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By My Blog and Blogger Tutorials

Created by: twitter website widget

Terjemahkan

Profil UNP



 
Support : bio-unp | bio-unp | Biologi UNP
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. HMJ Biologi UNP - All Rights Reserved
Template Design by Bio UNP Published by bio-unp