Blog Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNP Giliran Penipu Yang Masuk UNP - HMJ Biologi UNP
Headlines News :
Home » , , , » Giliran Penipu Yang Masuk UNP

Giliran Penipu Yang Masuk UNP

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Senin (16/9), UNP dikejutkan oleh teriakan mahasiswa yang berlarian mengejar seorang pemuda. Pemuda ini mengenakan kaos oblong dan celana pendek, dia berlari dari arah Fakultas teknik menuju gang Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) berusaha menghindari kejaran mahasiswa sore itu. Dia diteriaki maling. Naas bagi pemuda itu, seorang mahasiswa mengambil inisiatif untuk mengejarnya menggunakan sepeda motor. Tak ayal mahasiswa tersebut langsung menabrak pemuda itu dari belakang. Akibatnya, mahasiswa dan pemuda tersebut jatuh berguling. Dengan sigap pemuda tersebut ditahan oleh si mahasiswa agar tidak melarikan diri kembali. Beberapa saat kemudian beberapa orang satpam datang membekuk si pemuda. Satpam langsung menggiringnya ke Pos Komando Satuan Pengamanan (Posko Satpam) untuk menghindari amukan massa.

Beberapa saat kemudian, beberapa polisi datang untuk menjemput pemuda yang diketahui berinisial DD. DD digiring menuju kantor Kepolisian Sektor (Polsek) Padang Utara untuk diinterogasi lebih lanjut. Dari hasil interogasi, diketahui bahwa DD bukan seorang maling namun salah seorang komplotan penipu. 

DD berdalih hanya menolong temannya ND, untuk menjemput uang dari korban AM yang merupakan pegawai Fakultas Teknik (FT). Sebelumnya ND telah beberapa kali melakukan penipuan terhadap AM dengan modus menyamar sebagai AL keponakan korban. 

Penipuan pertama terjadi saat korban berniat menghubungi AL pertengahan Ramadhan tahun ini. ND menyadari kelengahan korban dan memanfaatkannya untuk meminta pulsa senilai Rp 15.000. Korban tidak curiga karena ia merasa yang meminta adalah keponakan sendiri dan nominalnya tidak terlalu besar. Tindakan ND kemudian berlanjut. ND kembali menghubungi korban. Kali ini ND meminta pulsa senilai 100 ribu dengan alasan untuk mengeluarkan mobil yang dirazia polisi. Korban yang masih percaya bahwa yang menghubungi adalah keponakannya, kemudian mengirimkan pulsa tersebut. Masih dihari yang sama, ND kembali menghubungi AM dan meminta pulsa kembali senilai 75 ribu dengan alasan tidak cukup untuk mengeluarkan mobil tersebut. Disinilah AM mulai curiga dengan ulah penipu.

Korban kemudian mengunjungi AL di kediamannya daerah Pasar Usang, Pariaman. AM bermaksud menanyakan perihal mobil yang ditahan polisi, namun yang berada dirumah saat itu hanya istri AL. Istri AL kemudian menjelaskan bahwa mobil mereka tidak pernah ditahan polisi. Disini korban mulai sadar bahwa dirinya telah ditipu. Tidak sampai disitu, ND kembali menghubungi korban. Kali ini ND bermaksud menipu dengan cara berpura-pura menjual mobil kepada korban. Korban pun diminta untuk mengirimkan down payment (DP) sebanyak 5 juta.

Korban lantas memanfaatkan kesempatan ini untuk menjebak si pelaku (ND). Sebelum pertemuan ini berlangsung. Korban telah terlebih dahulu menceritakan penipuan tersebut kepada Satpam UNP. Korban meminta bantuan satpam untuk menangkap ND. Satpam menyetujuinya dan menyusun rencana penangkapan ND. Satpam meminta supaya korban melakukan penyerahan uang di ruangan Tata Usaha FT. Senin (16/9),  ND kembali menghubungi AM dengan dalih DP pembayaran mobil diwakilkan saja kepada temannya, karena ND tidak bisa menemui AM di padang. AM lantas menyetujuinya dan meminta ND menyuruh temannya menemui AM di tempat kerjanya. 

DD menghubungi dan menanyakan lokasi penyerahan uang. AM kemudian meminta DD menemuinya di lobi FT. Disaat pertemuan, korban menyerahkan uang senilai 200 ribu dan meminta DD untuk tetap berada di lobi karena ia akan mengambil uang dulu ke bank untuk melunasi pembayaran. Lima orang Satpam sudah berada di lokasi bersiap membekuk pelaku, dua diantaranya berpakaian preman. DD mulai curiga ketika melihat banyak satpam yang berpatroli disekitar FT. DD yang mulai panik kemudian meninggalkan FT dan berlari menuju MPM. Sontak satpam yang berada disana ikut berlari mengejar DD. Karena DD tidak mau berhenti, Satpam lantas meneriakinya dengan sebutan maling. Hal ini membuat mahasiswa yang berada disekitar lokasi ikut mengejarnya.

Seorang mahasiswa dengan inisial Fb saat kejadian berlangsung, sedang berada disekitar lokasi kejadian. Mendengar teriakan orang-orang yang mengejar DD, FB lantas memutar sepeda motor dan berpacu mengejarnya DD.  FB langsung menabrak DD dari belakang. Akibatnya mereka berdua terjatuh. Namun dengan sigap FB menahan dan mengamankan DD sampai Satpam tiba di lokasi. Ia mengungkapkan jarak antara pengejar dan pelaku cukup jauh. Hal ini membuatnya berinisiatif  menggunakan motornya untuk membekuk DD. ”Saya rasa orang-orang tersebut tidak akan bisa mengejarnya,” ungkapnya dalam wawancara via jejaring social, Senin (16/9).

KR, mahasiswa Teknik Elektronika mengaku sempat bertemu dengan DD di kafe Bougenville. DD membeli rokok di kafe tersebut lalu pergi menuju FT. Kr mengaku sering melihat DD di sekitar UNP “Saya tak menyangka bahwa ia adalah tersangka penipuan, soalnya ia beberapa kali saya temui di UNP”, Pungkasnya.
Cerita lain didapat dari SJ dan RN yang saat itu sedang bekerja memasang lantai keramik mushala Pasca Sarjana mengaku heran terhadap apa yang diteriaki mahasiswa menuju arah mereka. “Ada yang berlarian, sambil meneriaki maling, kami tidak tahu siapa malingnya sebab pemuda yang di kejar-kejar oleh mahasiswa ini juga berteriak maling, maling teriak maling” tutur mereka setengah tertawa.

Dipublikasikan Oleh :

Terimakasih telah membaca artikel tentang Giliran Penipu Yang Masuk UNP Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Jadwal Pelayanan Akademik UNP

Jadwal Pelayanan Akademik UNP
Klik Untuk Info Lengkapnya

Fanspage Resmi Lomba Biologi 2014

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By My Blog and Blogger Tutorials

Created by: twitter website widget

Terjemahkan

Profil UNP



 
Support : bio-unp | bio-unp | Biologi UNP
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. HMJ Biologi UNP - All Rights Reserved
Template Design by Bio UNP Published by bio-unp