Blog Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNP Mahasiswa UNY Kreasikan Tulang Lele Jadi Keripik Bergizi - HMJ Biologi UNP
Headlines News :
Home » , , , » Mahasiswa UNY Kreasikan Tulang Lele Jadi Keripik Bergizi

Mahasiswa UNY Kreasikan Tulang Lele Jadi Keripik Bergizi

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Okezone - Siapa bilang tulang ikan hanya limbah yang harus dibuang. Di tangan, mahasiswa Pendidikan Teknik Boga Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Rudi Haryanto, tulang kepala ikan lele disulap menjadi camilan enak bergizi tinggi.

Rudi menamakan produknya Dolale yang merupakan singkatan dari Dolar Kepala Lele. Dolale ialah produk makanan ringan semacam keripik yang terbuat dari tulang kepala lele dan tepung casava.

"Keunggulan Dolale adalah murni produk lokal yang mengandung kalsium dan fosfor dari kepala lele. Selain itu, produk ini juga bebas dari gluten karena menggunakan tepung casava,” ujar Rudi, seperti disitat dari situs UNY, Minggu (1/12/2013).

Dia menjelaskan, cara pembuatan produk tersebut yang terdiri dari beberapa langkah. Pertama, dalam sebuah wadah, campur tepung kepala lele, tepung casava, gula pasir, dan garam. Aduk rata dan buat cekungan di tengahnya. Kemudian tuang telur pada cekungan tadi, aduk searah memutar sambil tuangi santan sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan cair.

"Lalu tambahkan chop parsley secukupnya. Setelah diaduk rata, cetakan kue semprong panas dibuka, tuang di tengahnya satu sendok teh adonan. Tutup cetakan, biarkan lima menit kemudian buka, angkat dan dinginkan sebentar supaya mengeras. Terakhir kemas dalam wadah tertutup,” beber Ketua Hima Boga dan Busana FT UNY itu.

Inovasi di bawah bimbingan Dosen Fitri Rahmawati itu bahkan dinobatkan sebagai juara pertama pada Lomba Inovasi Pengembangan Produk Hasil Perikanan besutan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), belum lama ini. Atas kemenangan tersebut, Rudi pun semakin percaya diri untuk segera memasarkan Dolale ke masyarakat luas.

“Dengan bermodalkan juara ini, saya semakin percaya diri untuk memasarkan produk ini dengan harga Rp13 ribu untuk yang kemasan 200 gram dan Rp1.000 untuk satu bungkus berisi lima biji,” tutup Rudi.

Dipublikasikan Oleh :

Terimakasih telah membaca artikel tentang Mahasiswa UNY Kreasikan Tulang Lele Jadi Keripik Bergizi Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Jadwal Pelayanan Akademik UNP

Jadwal Pelayanan Akademik UNP
Klik Untuk Info Lengkapnya

Fanspage Resmi Lomba Biologi 2014

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By My Blog and Blogger Tutorials

Created by: twitter website widget

Terjemahkan

Profil UNP



 
Support : bio-unp | bio-unp | Biologi UNP
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. HMJ Biologi UNP - All Rights Reserved
Template Design by Bio UNP Published by bio-unp