Blog Himpunan Mahasiswa Jurusan Biologi FMIPA UNP Bermimpilah, Buka Kesempatanmu - HMJ Biologi UNP
Headlines News :
Home » , , , » Bermimpilah, Buka Kesempatanmu

Bermimpilah, Buka Kesempatanmu

I have a dream, a fantasy. To help me through reality
And my destination makes it worth the while
Pushing through the darkness still another mile
I believe in angels. Something good in everything I see
When I know the time is right for me
I'll cross the stream - I have a dream
(Westlife, I have a Dream)

BEGITULAH sepenggal lirik lagu Westlife yang sempat hits beberapa tahun lalu. Lirik ini berisi tentang kepercayaan menggapai impian, memberikan semangat bagi siapa saja untuk terus berusaha.

Banyak di antara kita yang mempunyai teman dengan segudang prestasi. Menjadi pengusaha muda yang sukses, ke luar negeri melalui pertukaran mahasiswa, menjadi duta daerah,  menjadi mahasiswa berprestasi, berhasil menciptakan penemuan baru dan kesuksesan lainnya yang patut dibanggakan. Itu semua tentu saja bukan karena tanpa ada persiapan. Semua itu butuh suatu proses matang dan berkesinambungan.

Tak ada yang salah dengan keinginan ingin maju dan bermimpi. Dengan mimpi, kita bisa memberikan motivasi pada orang lain. Lalu, masalahnya cukupkah hanya dengan bermimpi? Tentu saja tidak.

Mimpi tidak cukup disimpan dalam hati dan kepala, butuh usaha untuk merealisasikannya. Seperti ungkapan seorang aktor terkenal, Bruce Lee, “Knowing is not enough, we must apply. Willing is not enough, we must do”. Sama seperti impian yang kita cita-citakan. Tak bisa hanya sekedar impian belaka, tapi harus diusahakan. Jika mimpi itu hanya menjadi omongan, ia akan hilang seiring waktu. Hingga akhirnya mimpi itu pun mati.

Banyak orang yang memiliki mimpi. Tapi hanya sedikit yang benar-benar konsisten dengan mimpinya. Mungkin selama ini kita terpukau pada apa yang berkilauan di kejauhan. Kita terlena dengan keberhasilan orang lain yang hanya membuat kita terdiam dan jatuh. Sudah saatnya kita bangkit.

Takut dengan kelemahan? Percayalah, orang sukses bukanlah orang yang sempurna. Menjadi sukses adalah yang selalu berusaha memperbaiki kelemahannya dan terus mengembangkan kelebihannya.

Sedikit di antara kita yang gagal karena kurang persiapan tapi banyak yang gagal karena takut melangkah. Ini terjadi karena kita terlalu banyak berpikir dan bimbang dengan tujuan yang ingin kita raih. Padahal waktu terus  berjalan dan terus melewati bagi siapa saja yang lalai. If you spend too much time thinking about a thing, you will get nothing.

Di mana kesempatan itu? Kesempatan memang tidak datang dua kali. Tapi bukan berarti kita harus menunggu kesemptan itu datang sendiri. Kesempatan harus dijemput. Kesempatan harus diciptakan. Dengan kita mengetahui kelemahan diri sendiri dan mencoba mencari cara untuk mencari solusinya, maka kesempatan itu akan tercipta.

Lihat saja sejarah terbentuknya huruf Braille. Huruf Braille diciptakan oleh Louis Braille. Huruf Braille tercipta karena dorongan mencari cara agar bisa membaca walaupun dalam keadaan buta. Begitu juga dengan kita. Kita tidak akan mendapatkan kesempatan baru jika tidak ada keinginan untuk mencoba hal yang baru. Kehidupan selalu  mengajarkan sesuatu. Dari kesulitan belajar kemudahan, dari kesalahan belajar kebenaran, dari kegagalan belajar kesuksesan.

Buka kesempatan itu. Bermimpilah dan laksanakan. Kesuksesan orang lain harus dijadikan acuan. Tapi bukan berarti kita harus memalsukan diri dan harus menjadi orang lain. Karena itu bukan jati diri kita yang sebenarnya. Hal itu akan terjadi terasa sangat berat saat kita harus mengejar cita-cita orang lain. Mungkin benar kata Bruce Lee, “Aku tidak takut dengan orang yang berlatih 1000 jurus dalam waktu yang singkat. Aku lebih takut dengan orang yang berlatih jurus yang sama dalam waktu yang lama”.  Fokus mencapai impian itulah yang lebih penting. Kita akan menjadi lebih kuat menghadapi segala rintangan. Rintangan itu akan terasa ringan karena kita menjadi lebih kuat dengan mimpi-mimpi itu.

Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda, bermimpilah. Jadikan itu suatu tujuan yang suatu hari nanti akan menjadi kenyataan. Buka kesempatan itu tanpa harus menunggu. Buktikan mimpi itu dan usahakan bermanfaat untuk orang lain dan lingkungan. Kalau bukan kita, kapan lagi? To  be a dream maker, dream it and make it happen.  Be practical dreamer backed by action!

Oleh
Keumala Fadhiela ND
Runner Up Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2012
Mahasiswa Agribisnis Unsyiah
- See more at: http://atjehpost.com/saleum_read/2013/04/03/46388/83/3/Bermimpilah-buka-kesempatanmu#sthash.hyOVfAP7.dpuf
Keumala Fadhiela ND
Runner Up Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2012


Mahasiswa Agribisnis Unsyiah
Keumala Fadhiela ND
Runner Up Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2012
Mahasiswa Agribisnis Unsyiah
- See more at: http://atjehpost.com/saleum_read/2013/04/03/46388/83/3/Bermimpilah-buka-kesempatanmu#sthash.hyOVfAP7.dpuf

Dipublikasikan Oleh :

Terimakasih telah membaca artikel tentang Bermimpilah, Buka Kesempatanmu Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy-paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya :
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Jadwal Pelayanan Akademik UNP

Jadwal Pelayanan Akademik UNP
Klik Untuk Info Lengkapnya

Fanspage Resmi Lomba Biologi 2014

Jangan Lupa Kalo Memang Suka Like Aja !!!

×

Powered By My Blog and Blogger Tutorials

Created by: twitter website widget

Terjemahkan

Profil UNP



 
Support : bio-unp | bio-unp | Biologi UNP
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2012. HMJ Biologi UNP - All Rights Reserved
Template Design by Bio UNP Published by bio-unp